Brebes - Senin (19/9), Bapak Ibu Guru SMK Boarding School Brebes mendapatkan arahan dari pengawas SMK BSB mengenai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdasarkan Kepmendikbudristek No.262/M/2022, merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)
1. Holistik
2. Kontekstual
3. Berpusat pada Peserta Didik
4. Eksploratif
Hal-hal yang perlu diketahui mengenai asesmen projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Memiliki variasi bentuk asesmen (formatif dan sumatif) serta instrumen asesmen (lembar ceklis, rubrik, catatan pengamatan, tes dan sebagainya).
Penekanan pada asesmen performa/kinerja.
Asesmen akhir berupa rubrik dengan 4 kriteria : Mulai Berkembang, Sedang Berkembang, Berkembang sesuai Harapan, Sangat Berkembang.
Rumusan kompetensi yang menjadi tujuan (fase E) ditempatkan dalam kriteria "Berkembang Sesuai Harapan".
Perlu diperhatikan keselarasan antara tujuan, aktivitas, dan asesmen projek.
Pelaporan hasil belajar terpisah dengan rapor intrakurikuler, diberikan 1 kali dalam setahun.

Tidak ada komentar: